Friday, 21-01-2022
Hukum

Putus rantai COVID-19, BNPT beri bantuan 26 unit tangki air

Jakarta (BBN INDONESIA) – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memberikan bantuan sebanyak 26 unit tangki air berikut wastafel yang akan disebar beberapa wilayah DKI Jakarta sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di masyarakat.

Penyerahan secara simbolis dilakukan langsung oleh Kepala BNPT Komjen Pol Drs Suhardi Alius MH, yang diterima oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Drs Nana Sujana MM di Gedung Promoter, Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (14/4).

Seperti dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Kamis, penyerahan bantuan tangki air dari BNPT tersebut juga terekam dalam penandatanganan berita acara penyerahan bantuan tersebut yang dilakukan oleh Kepala BNPT bersama Kapolda Metro Jaya.

Direktur Perlindungan BNPT Brigjen Pol Herwan Chaidir, dalam jumpa persnya di hadapan media mewakili Kepala BNPT usai penyerahan bantuan tersebut mengatakan bahwa maksud dan tujuan penyerahan bantuan ini untuk membantu masyarakat memutus mata rantai atau mitigasi terhadap penyebaran (COVID-19) ini.

“Karena salah satu Standar Operational Prosedur (SOP) yang saya baca dan yang harus diikuti dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 ini bahwa kita harus banyak-banyak mencuci tangan kita dengan sabun yang berbusa sehingga virus tersebut akan mati,” ujar Herwan Chaidir.

BNPT berharap Polda Metro Jaya selanjutnya dapat menyebarkan tangki air tersebut ke seluruh wilayah area publik yang ada di Jakarta ini agar dapat digunakan masyarakat untuk mencuci tangan, sehingga COVID-19 ini bisa mati dan tidak makin menyebar.

“Insya Allah kalau nanti dengan melihat hal ini positif dan berguna bagi masyarakat dalam memutus mata rantai COVID-19 ini, bukan tidak mungkin nantinya akan ada instansi lain yang bisa melakukan hal serupa. Karena kami yakin dan percaya hal ini bisa menjadi suatu hal yang baru dan positif di tengah masyarakat kita,” kata alumni Akpol tahun 1987 ini.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Drs Yusri Yunus mengatakan bahwa pihaknya nanti akan segera menyalurkan bantuan 26 tangki air dari BNPT tersebut.

“Nantinya ini akan kita manfaatkan. Karena memang dalam Peraturan Gubernur Nomor 33 tahun 2020 menyangkut masalah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mana ada ketentuan di beberapa tempat, termasuk salah satunya adalah di pasar pasar maupun juga di tempat tempat pelayanan umum yang ada di Kepolisian sendiri seperti Polsek yang memang diwajibkan untuk menyiapkan tempat cici tangan,” ujar Kombes Pol Yusri Yunus.

Namun demikian Yusri belum bisa menjelaskan secara rinci mana-mana saja tempat-tempat fasilitas umum yang akan menjadi lokasi ditempatkannya bantuan tangki air dari BNPT untuk mencuci tangan tersebut.

“Tentunya nanti kita akan duduk bersama terlebih dahulu untuk melakukan mapping tempat-tempat mana yang memang dibutuhkan untuk tempat cuci tangan ini,” kata alumni Akpol tahun 1991 ini.

Namun demikian mantan Kabid Humas Polda Jawa Barat ini memastikan alat-alat tersebut akan didistribusikan ke masing-masing Polres yang tentunya dapat dipergunakan untuk membantu masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19, karena wabah ini betul betul memang sudah sangat merebak di Jakarta ini.

“Inilah upaya dari beberapa instansi terkait yang bersama-sama dengan Polda Metro Jaya membantu memutus mata rantai penyebaran daripada virus Corona atau COVID-19 ini. Mudah-mudahan secepatnya alat-alat ini akan kami distribusikan dan akan kami gunakan untuk kepentingan masyarakat khususnya DKI Jakarta,” kata Kombes Yusri.


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button