Thursday, 27-01-2022
Bali

SMK TI Bali Global Produksi Film Animasi Panji Semirang

Besok tayang perdana di Ksirarnawa, Art Center Denpasar

Denpasar (BBN INDONESIA) – Film animasi Memory of The World Panji Semirang produksi siswa SMK TI Bali Global segera ditayangkan dalam rangka memeriahkan HUT ke-15 SMK TI Bali Global Denpasar yang jatuh pada 10 November 2021 yang lalu. Penayangan perdana film ini akan dilangsungkan di Gedung Ksirarnawa Art Center Denpasar, Selasa (30/11).

Dalam jumpa pers, Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti – induk SMK TI Bali Global Denpasar – Prof. Dr. I Made Bandem, MA menjelaskan, film animasi yang digarap oleh siswanya ini menjadi bukti nyata dukungan SMK TI Bali Global Denpasar terhadap budaya Nusantara yang telah diakui dunia menjadi Warisan Tak Benda Indonesia.

Disebutkan, Cerita Panji ditetapkan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai Ingatan Dunia atau Memory of the World (MoW). Hal ini tercantum dalam situs resmi Memory of the World  UNESCO tertanggal 31 Oktober 2017 lalu

Dalam situsnya, UNESCO mendeskripsikan Cerita Panji sebagai dongeng dari abad ke-13 mengenai petualangan Pangeran Panji, seorang pahlawan Jawa yang mencari sang kekasih Puteri Candra Kirana dengan menyamar memakai berbagai nama berbeda sebelum akhirnya mereka berkumpul kembali.

“Cerita Panji menandai perkembangan Sastra Jawa yang tidak lagi dibayangi oleh India dengan epos (cerita kepahlawanan) besar Ramayana dan Mahabharata yang sudah dikenal di Jawa dari abad ke-12 dan pada masa kerajaan Majapahit (abad ke- 14-15). Cerita Panji sangat populer, disebarkan oleh para pedagang melalui perjalanan laut dari pulau Jawa ke Bali, Melayu, Thailand, Myanmar, Kamboja dan mungkin Filipina,” tutur Prof. Bandem kepada wartawan di Gedung Ksirarnawa Art Center Denpasar, Senin (29/11/2021).

Pengurus Yayasan Widya Dharma Shanti Marlowe Bandem menambahkan film animasi ini didedikasikan untuk Prof. Dr. Ing Wardiman Djojonegoro (mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di era Orde Baru, 16 Maret 1993 hingga16 Maret 1998) bersama tim sebagai promotor Budaya Panji.

“Film animasi ini bertujuan memperkenalkan kembali dan ikut menjaga warisan harta tak benda cerita rakyat Nusantara Panji yang sudah menjadi bagian Memory of The World dari UNESCO sebagai sastra tradisi dan budaya Nusantara dengan melakukan digitalisasi Cerita Panji,” papar Marlowe.

Selain itu, film animasi ini dipersembahkan sebagai apresiasi dan dukungan terhadap program Pemerintah Provinsi Bali guna meningkatkan peran serta satuan pendidikan untuk mencetak lulusan yang siap bersaing dalam industri kreatif, khususnya  dunia digital dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Kepala SMK TI Bali Global Denpasar IGM Murdjana, M.Pd menyampaikan film animasi Panji Semirang ini digarap oleh 10 orang anak didiknya yang secara kualitas sangat membanggakan. “Momentum ini sekaligus kami memperkenalkan jurusan Animasi dan Desain Komunikasi Visual (DKV) yang kami miliki kepada masyarakat luas,” ujar Murdjana.

Dalam HUT ke-15 SMK TI Bali Global kali ini, Murdjana menyebutkan temanya, “Industri Digital Sebagai Pilar Ekonomi Kerthi Bali” yang bermakna bahwa SMK TI Bali Global Denpasar ikut mendukung perkembangan industri digital khusunya di Bali, sebagai salah satu pilar ekonomi masa mendatang serta mampu mencetak lulusan yang unggul dalam kompetensinya tetapi tetap kuat dengan budaya yang merupakan warisan adi luhur Nusantara.

“Selain tayang perdana film animasi Panji Semirang, kami juga menggelar festival vokasi dan pagelaran seni pertunjukkan seperti tari tradisional dan kontemporer, teater, kecak, genjek, kolaborasi seni, dan seni musik yang diisi oleh siswa/siswi SMK TI Bali Global se-Bali. SMK TI Bali Global, Agar diketahui, SMK TI Bali Global adalah bagian dari STIKOM Bali Group dan tersebar di Denpasar, Singaraja, Karangasem, Badung, Jimbaran, Klungkung, dan Abiansemal,” imbuh Murdjana.

Tayang perdana film animasi Panji Semirang produksi sekolah menengah kejuruan Teknologi Informasi yang beralamat di Jl. Tukad Citarum No. 44 Renon, Denpasar ini akan ditonton oleh Perwakilan UNESCO di Indonesia, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek Republik Indonesia, Promotor Budaya Panji, Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Bali, Pengurus Yayasan Widya Dharma Shanti, Rektor ITB STIKOM Bali, sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah serta lambaga budaya di Bali dan lain-lain. (BBN/001)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button