Thursday, 27-01-2022
Bali

Workshop Penulisan Karya Ilmiah Internasional Tahun 2021 FTP Unud

Gianyar (BBN INDONESIA) – Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Udayana (Unud) menyelenggarakan kegiatan ilmiah berupa workshop penulisan Karya Ilmiah Internasional secara hybrid (daring dan luring) dan streaming youtube (detil materi disajikan dalam live streaming pada https://youtu.be/xjq4fF16hLw).

Workshop ini diselenggarakan atas kerja sama Unud dengan IPB Bogor pada tanggal 27 November 2021, di Sthala Pertofolio Hotel Ubud.

Pembicara utama dalam workshop adalah Dr. Ing. Aziz Boing Sitanggang, STP., MSc dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB dan Ir. Ida Bagus W. Gunam, MP., PhD. Dari Departemen Teknologi Industri Pertanian FTP Unud serta dipandu oleh Prof. Ir. N. Semadi Antara, MP. PhD., sebagai moderator.

Pada kegiatan ini, menurut Juru Bicara Unud Senja Pratiwi, PhD dihadiri juga oleh unsur Pimpinan Fakultas, sekaligus membuka acara kegiatan dan semua perwakilan dosen di lingkungan FTP dan para dosen PTS di Bali.

Dekan FTP, dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan workshop yang walaupun diselenggarakan hari Sabtu, semangat dosen-dosen sangat tinggi, terbukti semua peserta dapat hadir baik daring/luring dan peserta luring telah menyiapkan draft karya ilmiahnya.

Selain itu Dekan menyoroti pentingnya mempublikasikan karya tulis pada jurnal-jurnal internasional bereputasi, yang juga terkait dengan akreditas program studi dan dapat sebagai poin kum dosen.

Dalam pemaparan materinya, Dr. Ing Aziz Boing menjelaskan pentingnya karya ilmiah dipublikasikan untuk kepentingan sertifikasi, registrasi, diseminasi dan pencapaian dosen.

Salah satu strategi praktis penerbitan karya ilmiah yaitu dengan bekerja sama dengan co-author yang memiliki kualifikasi dan reputasi internasional.

“Contohnya karya ilmiah internasional sebagai bahan pembelajaran yang ter-update untuk mahasiswa, dan hal ini mendapat poin penting dalam akreditasi,” ucap Aziz Boing.

Sementara IB Gunam menyampaikan perlunya mencermati tipe dan jurnal bereputasi internasional. “Mulai dari beberapa elemen seperti jurnal metrics, Dewan Editor, JIT, SJR dan tips mensubmit jurnal secara online,” cetusnya.

Usai pemaparan setiap materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, kemudian acara dilanjutkan dengan pendampingan kepada peserta yang sudah memiliki draft karya tulis yang akan dipublikasi internasional. (BBN/010/rls)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button